Mari tunjukkan bahwa kita adalah ummat terbaik.

Sunday 11 November 2012

Dialah Pemimpin Sejati

12:26 Posted by Izzatul Islam FMIPA UI , , No comments
Oleh Muhammad Adwiyadinul Haq (KaDept. Brigizz MII 21, Matematika 2010)

Dialah pemimpin yang dekat dengan rakyatnya. Presiden yang tidak tinggal di Istana Negara, melainkan tinggal di rumah kontrakannya, sama seperti rakyatnya. Dia mempermudah jalan bagi rakyat yang ingin menemuinya, walau hanya sekedar untuk curhat. Mendengarkan suara-suara yang tidak terdengar dan Menghilangkat sekat-sekat yang tidak terlihat.  Tanpa takut, dia membuka hari pengumumannya sebagai presiden dengan berpidato secara langsung di depan rakyatnya. Dia juga menginstruksikan kepada pimpinan pengawal presiden untuk mengurangi personel saat berpergian menjaganya,  mengantisipasi macetnya jalan ketika dia lewat. Pasar pun seakan tidak terusik ketika dilaluinya.


Dialah pemimpin yang sederhana. Seorang anak petani yang menjadi presiden. Walau begitu, sudah sekitar tiga bulan dia tidak menerima gajinya sebagai presiden. Dia membayar uang sewa kontrakannya dan kebutuhan hidup lainnya dengan uangnya sendiri. Dia juga melarang orang-orang memasang fotonya sebagai presiden di kantor-kantor pemerintahan atau di tempat-tempat lainnya.

Dialah pemimpin yang berpengaruh. Dia berhasil mengontrol situasi yang tidak terkendali pada pemerintahan sebelumnya. Dia mengejutkan negaranya dan dunia dengan keberhasilannya mengambil alih kekuasaan legislatif dan eksekutif secara penuh dari rezim sebelumnya. Dia memecat jendral dan menteri yang menyalahgunakan wewenangnya. Dia membersihkan pemerintahan negaranya dan membentuk pemerintahan baru yang sesuai dengan visinya. Dia juga meluncurkan program-program perubahan, yaitu mengubah negerinya yang kotor penuh sampah menjadi negeri yang bersih.

Dialah pemimpin yang berani dan tegas. Dia berani membela suatu kebenaran, walau ditentang banyak pihak. Dia dengan tegas menyatakan sikapnya dalam pertemuan tingkat tinggi antarnegara, Gerakan Non-Blok salah satunya. Keyakinannya bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penjaga membuatnya tidak takut pada apa pun selain Allah SWT.

Dialah pemimpin yang taat, taat pada Pencipta-Nya. Walau dengan kesibukannya yang luar biasa, sholat lima waktu berjamaa’ah di masjid hampir tidak pernah dia lewatkan. Bahkan dalam sebuah surat kabar, didapati dia sering menjadi imam di masjid.  Ternyata, penyebabnya bukan karena dia seorang presiden, melainkan karena dia Hafal Al-Qur’an 30 Juz. Dia juga mengedepankan toleransi dan mengubur jauh-jauh perbedaan.  Tanpa ragu, dia mengangkat seorang yang berbeda agama dengannya menjadi wakil presiden.

Dialah pemimpin sejati, DR. Mohammad Moursi, Presiden Mesir yang baru. Pusat Riset Opini Publik (Bashira) mengadakan jajak pendapat kedua terhadap kinerja presiden Moursi setelah 80 hari masa jabtannya. Hasilnya, publik yang puas terhadap kinerja Mursi sebanyak 79%. Sisanya yang tidak puas 13%, dan 8% menyatakan ragu-ragu. Dukungan ini sudah melebihi raihan suaranya di Pemilu kemarin.

Semoga kita bisa mengambil teladan dari beliau…

0 komentar:

Post a Comment